Author Topic: Perbedaan B2C dan B2B  (Read 4096 times)

Offlinetukangoceh

Newbie

Perbedaan B2C dan B2B
| June 20, 2017, 10:48:45 AM
Bisnis ada beberapa macam jenisnya. Salah duanya adalah B2C dan B2B. Saya hanya akan menunjukan perbedaan antara B2C dan B2B disini :) Dari kedua macam bisnis ini sendiri, sudah banyak sekali perbedaannya, mulai dari segmen customer, strategi marketing, modal, dan bagaimana rencana bisnis kedepannya.

Apa itu B2C?
B2C atau Business to Customer adalah bisnis yang melakukan transaksi penjualan barang/jasa kepada konsumen perorangan secara langsung. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis sembako, Anda memiliki toko dan secara langsung menjual sembako Anda kepada konsumen yang datang.

Apa itu B2B?
B2B atau Business to Business adalah transaksi yang terjadi diantara entitas bisnis satu ke entitas bisnis lainnya - bukan kepada customer secara langsung. Contoh, Anda memiliki perusahaan pembuatan kursi baso. Anda menjual kursi baso produksi Anda ke perusahaan lain, dan sekali jual bisa minimum ribuan pcs - itulah bisnis B2B. Disini, Anda tidak lagi menjual kepada end user (perorangan), melainkan ke perusahaan lain (corporate).

Perbedaan strategi marketing B2C dan B2B

Bisnis B2C lebih mementingkan kepuasan pelanggan - disini kita harus lebih pandai memainkan emosi pelanggan, membuat iklan yang menarik, harga barang bersaing dan kualitas produk yang bagus. Jadi di sini, kita harus pandai melihat saingan, berusaha bersaing dalam bidang harga dan kualitas produk - sambil memberikan iklan-iklan yang menarik untuk pelanggan.

Dalam bisnis B2B, pelanggan Anda adalah bisnis lain (corporate) - yang mana mereka akan membandingkan seberapa kuat brand Anda dibandingkan dengan brand lain, apakah brand Anda dapat dipercaya, bagaimana Anda menjalin komunikasi dengan mereka - itu yang harus diperhatikan.

Karena segmen pelanggan B2B lebih terfokus, maka Anda dapat juga melakukan strategi yang lebih terfokus! Salah satu contoh adalah jika Anda adalah perusahaan Indonesia yang ingin mendapatkan pelanggan corporate lain sampai ke luar negeri - Anda hanya perlu melakukan promosi pada media yang tepat! Disini, saya ingin berikan contoh salah satu media promosi online yang terpercaya: Indonesia-Product.com!



Banyak keuntungan berpromosi disini:
1. biaya yang masih murah dan terjangkau! mulai dari Rp 2juta untuk 1 tahun periode promosi!
2. Jangkauan area promosi luas hingga ke seluruh dunia
3. Terpercaya sejak tahun 1998, I-P.com memiliki pelanggan setia yang sudah bergabung selama bertahun-tahun

Tunggu apa lagi! Hubungi team Sales Consultant kami ke sales@mahoni.com untuk informasi lebih lanjut.