Author Topic: Apasih SEO  (Read 344 times)

Offlineitara

Newbie

Apasih SEO
| June 21, 2017, 05:10:38 PM
Question&Answer: SEO
 
1.       Apa sih itu SEO?
SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization, merupakan suatu teknik memunculkan website di halaman satu pencarian search engine (Google, Yahoo, Bing) dengan kata kunci tertentu.
2.       Apa guna SEO?
Memudahkan user/ pelanggan/ customer/ orang menemukan website kita sehingga lebih mudah menjaring traffic atau visitor. Memunculkan website dihalaman satu.
3.       Apa itu traffic?
Traffic dalam bahasa diartikan sebagai lalu lintas, tapi bukan lalu lintas dijalan raya ya :D  Traffic disini berarti pengunjung website atau yang sering disebut dengan visitor. Mereka pengguna internet yang berkunjung ke website kita. Apa jadinya jika website yang sudah Anda bangun tidak pernah dikunjungi orang / internet user, yang pasti tidak akan terjadi penjualan. Jadi traffic ini sangat penting untuk keberhasilan usaha bisnis Anda. Jadi dengan kata lain traffic ini adalah calon customer potensial.
4.       Seberapa pentingkah SEO?
Sangat penting sekali. Fungsi utama SEO adalah untuk memunculkan website Anda dihalaman pertama Google dengan kata kunci tertentu. Apa jadinya jika website bisnis Anda tidak muncul dihalaman strategis (halaman satu) Google?
5.       Lho kenapa website harus muncul dihalaman satu, sementara Google saja menyediakan banyak halaman?
Fakta bahwa 90% user (customer) hanya memilih website yang ada dihalaman satu. Terlebih untuk mencari dan membeli produk mereka benar-benar hanya meng-klik website yang ada dihalaman pertama. Kecuali untuk user yang mencari suatu artikel atau referensi karya ilmiah tertentu, bisa jadi mereka akan menelusuri hingga halaman ke 2,3,4 dst.
6.       SEO hanya untuk menjaring customer? Wah ada banyak cara jika hanya untuk menjaring customer baru.
Sekali lagi perlu di tegaskan bahwa fungsi utama optimasi SEO adalah untuk memunculkan website dihalaman pertama Google yang bertujuan untuk menjaring customer. Namun dengan website kita muncul dihalaman satu dengan kata kunci tertentu, itu menandakan bahwa produk kitalah yang lebih unggul dibanding produk serupa lainny. Artinya ini adalah salah satu bentuk branding image untuk bisnis yang sedang kita jalankan.
Yups, memang banyak cara untuk menjaring customer baru, ada google adwords, atau di portal berita yang visitornya jutaan per harinya.
Yuk kita bandingkan keduanya. Point satu Google adwords, ini merupakan website hasil pencarian berbayar. Website ini mudah kita jumpai, biasanya terdapat di 3 space teratas dan 2 space paling bawah pada halaman pertama Google yang ditandai dengan logo kotak kecil bertuliskan AD atau IKLAN. (Wah ternyata adwords ini juga dihalaman pertama ya). Eitss tapi tunggu dulu, adwords ini berbayar setiap klik dan harga per klik berbeda untuk setiap kata kunci ya. Misal Anda adalah pelaku bisnis tour travel yang fokus utamanya adalah pulau-pulau di Indonesia seperti Bali, Lombok, Derawan, Komodo, Raja Ampat, dll. Untuk destinasi Bali saja Anda bahkan mungkin harus men-set kata kunci: Bali tourism, Bali tour, Bali packages, wisata Bali. Dan Anda tahu harga per klik untuk kata kunci yang berhubungan dengan Bali itu berkisar diantara 5.000 – 15.000 per klik. Bayangkan saja jika di prorate harga per kata kunci adalah 10.000 dan Anda ingin 30klik perhari, kalikan saja 10.000x30 = 300.000 budget yang harus Anda keluarkan, dikali satu bulan 30 hari jadi 9.000.000 ,- untuk satu bulan periode hanya untuk kata kunci Bali lho yaaa, belum Lombok, Derawan, Komodo, Raja Ampat, dll.  Get the point?
Untuk catatan saja bahwa satu hari 30 klik itu rasio klik deal nya sangatlah kecil. Selain harga kata kunci yang mahal, durasi adwords ini juga biasanya di setting tidak sampai 24jam beda dengan SEO yang 24jam bahkan tidak terbatas waktu. Dan ada satu kemungkinan terburuk jika mungkin ada kompetitor nakal yang dengan “sengaja” ingin menghabiskan budget Anda dengan sembarang meng-klik iklan adwords Anda. Tapi tetep positive thinking yaa, jangan berburuk sangka kepada kompetitor Anda, hehe :D Dan aturan urutan space di Google Adwords ini juga dipengaruhi oleh budget yang Anda buat. Jika Anda ingin di space teratas (no 1) maka budget Anda juga harus paling tinggi di antara yang lainnya, istilah ini dikenal dengan harga bidding yang Anda ambil.
Oke, bandingkan ke point kedua yaitu portal berita yang jumlah visitornya mencapai jutaan perharinya. Kita tahu bahwa trend berita saat ini adalah news digital, beberapa portal berita online yang memang sudah cukup ternama dan jumlah visitor yang cukup tinggi. Tak tanggung tanggung mereka memberikan patokan harga iklan mencapai 30juta untuk waktu 24 jam saja. WOW 30juta untuk beriklan dalam durasi 24 jam? Bagaimana dengan mereka pelaku bisnis (UKM misalnya) yang laba keuntungannya saja tidak mencapai 30juta perbulannya? (bersambung)
 
Penulis : Ita Rahmawati sales(at)mahoni(.com)