Author Topic: 6 Manfaat Promosi Online  (Read 270 times)

Offlineitara

Newbie

6 Manfaat Promosi Online
| July 17, 2017, 11:43:44 AM
Promosi online adalah salah satu aspek paling penting bagi pebisnis mengingat perannya dalam mendorong konsumen melakukan pembelian. Hasil studi menyebutkan, peningkatan jumlah pengguna media sosial dan pencarian dari perangkat mobile berhubungan dengan tingkat transaksi belanja online. Oleh karenanya, promosi online memungkinkan Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Di bawah ini merupakan enam manfaat promosi melalui media online :

1. Kenyamanan Berbelanja
Anda tidak perlu khawatir dengan jam kerja atau pun jam buka toko. Promosi online memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk Anda tanpa ada batasan tempat atau waktu. Hal tersebut tentunya memberikan kenyamanan bagi Anda dan juga pelanggan. Orang-orang yang ingin berbelanja ataupun sekedar melihat toko online bisa melakukannya kapanpun mereka mau.

2. Jangkauan Promosi Lebih Luas
Dengan melakukan promosi online, berarti Anda melakukan kegiatan marketing tanpa dihalangi oleh jarak. Anda dapat menjual produk Anda di luar negeri misalnya, tanpa harus memiliki toko fisik disana. Artinya, promosi online juga membantu Anda untuk memperluas target pasar. Namun ingat, jika Anda mau menjual produk Anda keluar negeri, maka Anda harus memastikan bahwa produk tersebut memang bisa dipasarkan bagi pasar internasional. Anda juga harus menyediakan layanan pengiriman dan pembayaran internasional serta regulasi bisnis yang mengatur.

3. Efisiensi Biaya Promosi
Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi online seperti promosi atau marketing konvensional. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa toko termasuk dengan biaya operasionalnya. Promosi online memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan bahkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

4. Personalisasikan Pengalaman Berbelanja
Promosi online memungkinkan Anda untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal kepada pelanggan dengan membangun sejarah pembelian dan preferensi mereka. Informasi tersebut juga menyediakan data untuk Anda jika sedang merencanakan cross-selling.

5. Membangun Hubungan
Internet menyediakan platform penting dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan retensi pelanggan. Ketika ada pelanggan yang melakukan transaksi, mulailah membangun hubungan dengan mengirimkan email ucapan terima kasih misalnya. Kemudian coba kirim email secara rutin untuk memberikan penawaran atau informasi tertentu mengenai produk terbaru. Hal ini akan menjaga hubungan Anda dengan pelanggan. Anda juga bisa meminta pelanggan untuk mengirimkan review mereka mengenai produk Anda melalui website.

6. Manfaatkan Media Sosial
Promosi online memungkinkan Anda untuk memanfaatkan keuntungan dari penggunaan media sosial. Dari sebuah studi, dikatakan sekelompok konsumen mendapatkan pengaruh paling kuat dari media sosial dan menghasilkan peningkatan penjualan sekitar 5%. Gunakan tools media sosial ketika melakukan promosi online.

Offlinedmshop

Newbie

Re: 6 Manfaat Promosi Online
Reply #1 | July 24, 2017, 05:24:38 AM
Untuk memilih channel promosi online yang tepat, perlu dilihat juga jenis bisnis-nya apa. Misal bisnis yang menyasar pasar luar negeri, mungkin bisa coba Google Ads. Kalau bisnis yang produknya visual, mungkin bisa coba Instagram. Yang repot kalau semua channel harus dipakai sedangkan admin yang ngurusinnya gada hahaha