Author Topic: 5 ALASAN MENGAPA MEDIA SOSIAL PENTING UNTUK BISNIS ANDA  (Read 139 times)

Offlineitara

Newbie

Di zaman serba internet saat ini, tak dapat dipungkiri, media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Berbagai level bisnis, mulai dari bisnis atas hingga bisnis menengah ke bawah memanfaatkan sosial media sebagai cara untuk mempromosikan bisnis yang tengah mereka jalani. Sebenarnya, keuntungan seperti apa saja kah yang didapatkan dari media sosial? Berikut adalah 5 alasan mengapa media sosial sangat penting bagi bisnis Anda!

1.Dapat Mencari Tahu Tentang Pelanggan Anda Lewat Media Sosial
Bagi bisnis yang bergerak di industri apapun, salah satu kunci kesuksesannya adalah dengan mengenal pelanggan lebih dekat. Dengan media sosial, Anda dapat dengan mudah mengenal pelanggan-pelanggan Anda. Adanya perangkat pendukung di hampir seluruh platform media sosial, kini Anda bisa mengetahui secara rinci siapa saja konsumen Anda; mulai dari jenis kelamin, usia mereka, bahasa yang mereka gunakan, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Informasi yang Anda dapatkan tersebut berguna untuk membantu Anda ketika melakukan proses branding dan promosi kepada target konsumen yang Anda inginkan. Target konsumen yang tepat merupakan hal yang sangat menguntungkan bisnis Anda di kemudian hari.

2.Media Sosial Bantu Anda Memperluas Target Pasar Anda & Mendapatkan Pelanggan Baru
Jejaring sosial seperti Twitter membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Jika Anda ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan Anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Twitter. Selanjutnya Anda akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis Anda.

3.Media Sosial Mempermudah Konsumen Dalam Memberikan Masukan Langsung Mengenai Bisnis Anda
Terbukanya akses informasi serta akses untuk memberikan feedback di media sosial membuat pekanggan dapat dengan mudah memberikan masukan, baik yang berupa kritik maupun saran. Masukan ini merupakan informasi yang berharga bagi kelangsungan bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui media sosial, maka secara instan Anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen.

4. Media Sosial Mampu Tingkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine Bisnis Anda
Keuntungan besar lain yang Anda dapat daengan menggunakan media sosial untuk bisnis Anda adalah meningkatnya jumlah pengunjung website Anda. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media. Meskipun tidak signifikan tetapi sosial media juga memberikan sinyal positif kepada search engine, sehingga bisa meningkatkan ranking website dari bisnis Anda.

5.Media Sosial Mampu Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi Dengan Biaya Yang Minim
Terakhir, media sosial mampu tingkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan dalam pemasaran lewat media sosial hanyalah waktu. Untuk membangun brand dengan media sosial setidaknya membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Namun, dengan strategi yang jitu, bukan tidak mungkin Anda bisa meingkatkan brand awareness secara mudah dengan bantuan media sosial.

source: emc-digital

//
Ingin menjangkau customer lebih banyak? Promosi di portal B2B marketplace terbesar di Indonesia; www.indonesia-product.com menjaring customer dalam dan luar negeri. Yuk segera daftarkan bisnis Anda!