Author Topic: Suvenir Sabun Decoupage, Ide Bisnis Untuk Penggemar Kerajinan Tangan  (Read 22 times)

Offlinelarik

Moderator

Full Member




Akhir-akhir ini suvenir sabun telah memenuhi tuntutan barang konsumen. Jika kita melihat berbagai jenis suvenir, seni decoupage telah diterapkan pada kayu, tas anyaman, kertas, kain, dll. Namun suvenir sabun juga dapat didekorasi dengan teknik decoupage.

Apa arti decoupage? Decoupage berasal dari bahasa perancis d├ęcouper atau berarti memotong, merupakan kerajinan atau bentuk seni yang memerlukan potongan-potongan bahan (biasanya kertas) yang ditempel pada objek dan kemudian dilapisi dengan pernis atau pelitur. Proses ini membuat tampilan potongan-potongan kertas yang rata tampak dalam dan membuat pola serta gambar terlihat seolah-olah dilukis pada objek yang diproses dengan teknik decoupage. 

Decoupage adalah cara menyenangkan dan mudah untuk mendekorasi objek apa saja, termasuk benda-benda di rumah mulai dari vas kecil hingga furnitur berukuran besar. Kemungkinannya sangatlah banyak. Berbagai motif dan teknik yang di gunakan pada benda menjadikan sebuah karya seni yang dapat di lakukan oleh setiap orang dan menghasilkan berbagai macam karya yang meiliki nilai lebih dari sebelumnya. 

Decoupage memiliki sejarah panjang dan menarik selama berabad-abad. Sejumlah tokoh ternama seperti Marie Antoinette, Madame de Pompadour, Lord Byron, Beau Brummel hingga Picasso pernah mempraktikan seni yang namanya diambil dari bahasa Prancis d├ęcouper itu. Hingga saat ini, seni decoupage ini terus berevolusi dengan berbagai gaya baru.

Asal usul warna dan beragam teknik membuat seni ini tak terbatas dan menawarkan ruang lingkup luas untuk kreativitas. Di Indonesia seni ini sedang menjadi tren. Tak hanya untuk pernah-pernik kecil seperti tas dan kaleng, kini decoupage di Indonesia juga mulai merambah pada sabun.

Sabun menjadi sebuah media yang jarang terpikirkan oleh kita ini bisa disulap menjadi souvenir cantik yang berkembang menjadi bisnis. Salah satu pebisnis sabun souvenir di Kota Bogor memasarkan produknya secara online dengan sistem pre-order yang design gambarnya bisa dicustom oleh kostumer. Bagaimana? Souvenir ini bisa menjadi referensi yang unik untuk acara spesial I-P readers kan?