General > From Administrator

Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kembali Gelar ITSCL Ke 5

(1/1)

larik:
Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kembali Gelar Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics Edisi ke-5

“Dalam upaya mendukung Revolusi Industri 4.0 dengan memajukan infrastruktur, transportasi dan logistik di Indonesia.”

Jakarta, 24 May 2018 – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia bidang Transportasi, Ibu Carmelita Hartoto resmi mendukung pameran dan konferensi yang dikhususkan untuk industri transportasi & logistik di Indonesia, yang bertajuk Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2018. Acara yang akan berlangsung pada tanggal 12 hingga 14 September 2018 di JIEXPO Kemayoran ini merupakan program bersama antara Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibitions dan didukung oleh berbagai Kementrian Republik Indonesia serta asosiasi terkait. Di edisi ke-5, ITSCL 2018 bertujuan untuk menjadi suatu wadah komunikasi industri dan peluang bisnis yang didedikasikan untuk sektor transportasi dan logistik di Indonesia guna
memajukan infrastruktur, transportasi dan logistik untuk mendorong revolusi industri 4.0 di Indonesia. Mengusung tema “Innovation Towards Industrial Revolution 4.0, Are We Ready?”, pameran ITSCL di tahun ini diharapkan mampu menyajikan solusi yang baik serta mempertemukan pala pelaku bisnis untuk dapat bekerjasama guna mendukung peningkatan produktifitas ekonomi nasional serta meningkatkan konektivitas dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara ASIA yang berhasil menerapkan Industri 4.0 secara sempurna.

Melalui forum ini para pelaku usaha dapat berdiskusi, berbagi pengetahuan teoritis maupun aplikatif mengenai isu-isu di industri, dan juga penerapan dan pengembangan industri 4.0 di bidang transportasi dan logistik baik di Indonesia maupun kancah internasional. Melakukan Revolusi Industri 4.0, Apakah Kita Siap? Berbeda dari penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, pameran ITSCL 2018 kali ini sejalan dengan Visi dan Misi dari Presiden Jokowi untuk melakukan perubahan di mana Indonesia hendak bertransformasi menjadi salah satu negara yang menerapkan Industri 4.0 dan mulai beralih dari negara konsumtif menjadi produktif (Produsen). Tahun ini KADIN Indonesia bersama Reed Panorama Exhibitions menitikberatkan kepada penguatan sektor industri pendukung di Indonesia, seperti industri transportasi dan logistik untuk mendukung revolusi industri 4.0. Roadmap revolusi industri 4.0 yang juga telah disusun oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia sebagai misi utama untuk menghadapi tantangan persaingan global antar
negara di ASEAN. Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato mengatakan bahwa “roadmap yang diserahkan pada Jokowi itu ada sepuluh langkah. Beberapa di antaranya adalah soal infrastruktur, industri kecil dan menengah, serta e-commerce platform. Sementara ini ada lima sektor yang merupakan industri paling diminati di seluruh dunia, yakni tekstil dan sepatu, elektronik, otomotif, industri kimia, serta industri makanan dan minuman. Jadi 48% ekonomi dunia itu demand ada di 10 sektor dan ada lima tadi yang tadi saya sebut," ujar Airlangga. Saat ini negara lain masih dalam tahap awal untuk memulai industri 4.0, Misalnya Jerman yang baru 3 tahun memulai dan Amerika Serikat yang baru mulai aktif menerapkan Industri 4.0. Sementara itu ASEAN, baru Thailand dan Singapura yang memulai revolusi industri 4.0, lalu ada Malaysia yang baru memempersiapkan. Sehingga apabila Indonesia juga ikut serta dalam mempersiapkan revolusi industri 4.0, bukan tidak mungkin Indonesia bisa mengejar untuk menjadi 10 negara ekonomi terbesar di dunia. (Sumber: https://www.merdeka.com/uang/ini-dia-poin-poin-roadmap-revolusi-industri-40-yang-diserahkan-airlangga-ke-jokowi.html)

Menanggapi seputar pentingnya peran transportasi dan logistik yang terintegrasi dan efisien untuk mendukung pergerakan barang dagang di Indonesia guna merealisasikan revolusi industri 4.0, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto, menyatakan “ITSCL 2018 dapat menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menampilkan kemajuan sektor transportasi dan logistik yang ada di tanah air, baik itu transportasi udara, darat, dan laut, hingga peran kemajuan teknologi dalam menciptakan integrasi dengan pelaku bisnis e-commerce dan lainnya.”. ITSCL 2018 juga akan menggelah 2 hari International Summit, yang rencananya akan di isi oleh pembicara penting dari jajaran kementerian dan para ahli dari beberapa perusahaan ternama yang sudah ber-investasi di Indonesia, misalnya Alibaba,Tencent, Xiaomi atau OPPO.

Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2018

ITSCL merupakan pameran bergengsi di mana para pelaku industri transportasi, Supply Chain, dan Logistik menampilkan kemajuan teknologi, proses digitalisasi, serta pengembangan e-commerce, yang dampaknya dapat terasa secara signifikan dalam efisiensi di industri-industri tersebut. Tahun ini merupakan edisi ke-5 pelaksanaan ITSCL dengan dukungan dan partisipasi yang semakin kuat dari para pelaku industri, berbagai asosiasi terkait, serta instansi pemerintah. Mengingat fokus pembangunan infrastruktur yang lebih terintegrasi, ITSCL 2015 tahun ini menjadi bagian dari rangkaian acara yang lebih besar, disebut ITSCL Series yang terdiri dari Intra-Logistics Indonesia, Indonesia Trucks & Commercial Vehicles, Indonesia International Seaport Services dan Jakarta International Summit & Expo.

ITSCL 2018 di selenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibitions selaku organizer. Pameran ini juga didukung oleh berbagai kementerian seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia. Serta terdapat berbagai asosiasi bisnis yang berperan aktif dalam rangkaian pameran dan konferensi.

Berbagai konferensi dan acara-acara yang tak kalah menarik juga akan hadir di tahun ini, seperti Internasional Summit selama 2 hari yang menghadirkan pembicara luar negri dari perusahaan Alibaba, Tencent, Xiaomi atau OPPO , Jakarta International Logistics Summit & Expo yang di Inisiasi oleh Bea dan Cukai Republik Indoesia, Indonesia International Port Expo yang merupakan segmen pameran baru diprakarsai oleh ABUPI dan KADIN Forum edisi ke-2 juga diselenggarakan pada kesempatan ini. Untuk informasi yang lebih lengkap seputar Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics 2018, silakan mengunjungi situs www.transportsupplychain-logistics.co.id


Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi :
Ella Haryanto
Reed Panorama Exhibitions
O: +6221 25565000
E: ella.haryanto@reedpanorama.com

Navigation

[0] Message Index

Go to full version