Author Topic: Aset Digital Tidak Dioptimalkan, Pemasaran di Pertaruhkan  (Read 127 times)

Offlinelarik

Moderator

Full Member

Era konten digital yang berkembang di semua industri mulai dari produksi, manufaktur, trading, jasa hingga pendidikan berkontribusi pada pertumbuhan pasar manajemen aset digital. Selain itu, dapat menyebabkan penghematan biaya yang signifikan untuk bisnis karena memungkinkan penciptaan, penyimpanan, pencarian, dan distribusi jaringan pemasaran dan konten yang lebih cepat yang selanjutnya melengkapi penerapan solusi manajemen aset digital.

Dalam mengupayakan pemasaran produk yang efektif, efisien dan berdampak besar, banyak aset digital dan berbagai platform yang bisa difungsikan. Penjualan produk kini tidak serta merta terbatas pada tenaga yang perlu dikerahkan. Pemanfaatan aset digital yang tepat akan sangat mendongkrak batasan segmen produk, terlebih persoalan wilayah dan jarak. Selain itu, tren pasar saat ini terkait permintaan, penawaran, dan penjualan bisa dengan mudah dipantau dan dianalisa. Penggerak, pembatasan, dan peluang utama telah tercakup untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang pasar.

Di Era ini, upaya pemasaran tidak lagi hanya pada iklan. Website, platform marketplace, social media, SEO, SEM dan banyak lainnya merupakan aset digital yang tidak boleh diabaikan. “Pemasaran digital atau Internet marketing pada zaman sekarang tidak sesimpel hanya memasang iklan saja, tapi kita harus memperhatikan gambar, copy writing, targeting, hingga promo yang tepat dengan calon customer kita. Kalau tidak, budget yang kita keluarkan akan terbuang secara percuma,” (dikutip dari tempo.co).

Strategi marketing pemula kali ini, paling mudah adalah memanfaatkan fasilitas marketplace dan forum bisnis untuk mengukur pasar yang tepat pada produk.