Author Topic: Memburu Penghasilan Dari Fanpage Facebook, Bagaimana Caranya?  (Read 13 times)

Offlinelarik

Moderator

Full Member

Agar bisa menghasilkan uang, fanpage perlu dimonetisasi. Bagaimana monetize fanpage Facebook dapat dilakukan? Simak ulasannya berikut.

Di era serba canggih seperti saat ini, menghasilkan uang bisa dari mana saja. Dari website bahkan hingga media sosial juga dapat dimonetisasi. Salah satu media yang menjadi primadona untuk monetisasi dalah YouTube. Selain itu, Facebook juga dapat dimonetisasi untuk menghasilkan uang melalui fanpage. Bagaimana cara monetize Fanpage Facebook ini?

Sebelum membahas mengenai cara monetisasi Fanpage Facebook, mari bahas dulu cara mendapatkan uang dari fanpage Facebook.

1. Menjual produk
Fanpage Facebook dapat dijadikan untuk sarana mempromosikan produk yang Anda jual. Saat ini, di fanpage Facebook juga sudah tersedia katalog produk. Hal ini tentu memudahkan penjualan produk karena calon pembeli bisa dengan mudah melihat produk lengkap dengan keterangan dan harga.

2. Mengiklankan produk
Jika tidak memiliki produk, maka bisa menjadi pengiklan dari orang yang hendak menjual produknya. Anda dapat memanfaatkan fanpage Facebook yang Anda miliki. Jika jumlah like sudah banyak, Anda dapat menawarkan jasang pasang iklan tersebut di forum, seperti Kaskus, Detik atau forum lainnya.

Produk yang diiklankan bukan hanya barang, tetapi bisa juga jasa atau media branding. Untuk menyediakan jasa periklanan ini, usahakan untuk menyesuaikan produk dengan tema fanpage. Misalnya jika fanpage Anda dikhususkan untuk bulu tangkis, maka barang yang dapat diiklankan berupa produk yang terkait dengan itu.

3. Menjual fanpage
Jika fanpage Anda sudah memiliki banyak penyuka dan Anda malas mengelolanya, Anda bisa menjual fanpage tersebut. Harga fanpage tentunya bervariasi. Hal ini tergantung dari seberapa banyak jumlah orang yang menyukai fanpage tersebut. Selain itu, tema dari fanpage juga mempengaruhi harga. Semakin banyak tema itu dicari orang, maka harganya bisa semakin mahal.

Cara Monetize Fanpage Facebook
Untuk melakukan monetize fanpage Facebook, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

Facebook Ads
Facebook ads merupakan fitur dari Facebook yang dapat digunakan untuk mengiklankan suatu produk. Jangkauan iklan ini berbeda dan pemasang iklan dapat mengaturnya.

Jangkauan Facebook ads memang lebih luas dibandingkan fanpage. Anda dapat menentukan target pemasaran iklan, seperti rentang usia, wilayah, hingga minat pasar. Harga pemasangan iklan bergantung pada seberapa luas jangkauan yang hendak dicapai. Karena memang lebih efektif, maka tidak ada salahnya memonetisasi fanpage Anda dengan Fb ads.

Facebook Active Network
Facebook Audience Network (FAN) dapat disebut sebagai ekosistem periklanan yang dikembangkan Facebook. Bukan hanya untuk memasang iklan, FAN juga dapat digunakan untuk memonetisasi website atau aplikasi.

Berbagai data yang ada di Facebook, mulai dari nama hingga minat pengguna akan digabungkan untuk membuat iklan yang sasarannya lebih tepat. Dengan kata lain, ekosistem periklanan yang ada pada FAN dibuat berdasarkan kebiasaan pengguna Facebook. Format iklan pada FAN ada empat macam, yaitu banner, interstitial, native ad, dan native ad video.

Untuk menjadi publisher di FAN, Anda dapat mendaftarnya terlebih dahulu. Anda bisa masuk ke alamat https://developers.facebook.com/apps. Kemudian pilih aplikasi yang akan didaftarkan, apakah aplikasi iOS/Android, suatu situs, atau lainnya. Ikuti semua petunjuk sampai selesai.

Jika sudah terdaftar, akan muncul pilihan monetisasi. Namun jika pilihannya tidak muncul, Anda bisa mengunjungi https://developers.facebook.com/products/app-monetization/audience-network/.

Menjadi Facebook Creator
Ini adalah fitur monetize fanpage Facebook terbaru. Sistemnya mirip-mirip dengan Youtube di mana Anda bisa menampilkan iklan di video yang Anda unggah di FP. Anda memerlukan 10.000 follower dan 1000 like untuk bisa mendaftarkan fanpage ke program ini.

Silakan mencoba!


Source: http://www.digital.ortizaku.com/