Author Topic: Presiden Jokowi Menilai Produk Indonesia dapat Bersaing dengan Produk dari China  (Read 172 times)

Offlinealdionwahyu

Newbie

Presiden Joko Widodo menilai bahwa banyak produk Indonesia yang mampu bersaing dengan produk dari China. Jokowi meyakini produk karya anak bangsa bisa bersaing dengan produk asal negeri Tirai Bambu itu untuk masuk ke dalam pasar sejumlah negara. "Barang-barang kita ini sekarang dibandingkan barang-barang dari Tiongkok (China) banyak yang sudah lebih kompetitif, berani kita berkompetisi dengan mereka, sudah banyak sekali," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Jokowi pun berpesan kepada para duta besar yang hadir di acara itu untuk membuka pasar baru di negara-negara kawasan Afrika, Asia Tengah, Asia Selatan, hingga Eropa Timur. Ia tak ingin pasar barang Indonesia hanya dikirim ke negara besar, seperti China, Amerika Serikat, maupun negara di Eropa. Menurut dia, saat ini banyak negara-negara di luar pasar tradisional RI sedang berkembang dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Meski nilai ekspor ke negara tersebut tak begitu besar, tetapi nilainya bisa signifikan jika banyak terjalin kerja sama. "Saya senang sebetulnya kalau kita bisa masuk ke pasar-pasar di Afrika itu. Yang banyak itu produknya usaha kecil usaha menengah itu bisa masuk ke sana. Kenapa? Untuk urusan kualitas masih belum memiliki standar yang sangat ketat," kata Jokowi.

Source Image : nasional(dot)kompas(dot)com

Jokowi pun menugaskan para duta besar untuk melihat peluang yang bisa diambil Indonesia di negara tempat mereka ditugaskan. Para duta besar juga wajib menginformasikan kebutuhan produk di negara mereka masing-masing agar bisa menjadi pasar barang ekspor RI. "Ini problem kita bertahun-tahun yang tidak bisa mengubah defisit neraca perdagangan kita. Karena ekspor kita berpuluh-puluh tahun, kita selalu fokus pada pasar-pasar lama," ujar Jokowi.

Source: nasional(dot)kompas(dot)com



« Last Edit: February 12, 2020, 02:48:35 PM by aldionwahyu »