Author Topic: Inilah Alasan Memilih Produk Lokal Sebagai Produk Favoritmu  (Read 112 times)

Offlinealdionwahyu

Newbie

Beberapa hari yang lalu saya sempat bercerita banyak hal tentang brand lokal dengan teman-teman saya. Mereka rata-rata menyampaikan, fashion yang lagi ngetrend akhir-akhir ini justru adalah produk dengan brand lokal loh. Banyak beberapa perusahaan dengan brand lokal mereka yang tak kalah menarik dan mampu bersaing dengan produk luar negeri. Nah, melalui percakapan tersebut saya pun menyimpulkannya menjadi alasan memilih brand lokal sebagai produk favoritmu.

Source Image : Dok,pri

1. Brand lokal memiliki desain yang tak kalah menarik dengan produk luar negeri

Salah satu alasan mengapa brand lokal saat ini kian diminati oleh anak muda adalah karena desain produk yang diciptakan tak kalah kerennya dengan produk luar negeri. Terdapat beberapa brand lokal yang terkenal dengan produk fashion mereka yang juga menjadi desain favorit anak muda. Kreativitas anak bangsa juga semakin berkualitas, karena diiringi oleh minat masyarakat yang tinggi terhadap produk lokal.

2. Bentuk kecintaan kepada negeri

Tentunya, membeli produk lokal merupakan salah satu wujud kecintaan kita pada karya anak bangsa. Dengan membeli produk lokal, kita bisa turut serta mengembangkan produk tersebut, bahkan menjadi trend fashion dunia. Terdapat beberapa produk lokal yang justru telah memiliki jumlah ekspor yang cukup banyak hingga ke luar negeri dan justru memiliki peminat yang tinggi terhadap desain tersebut. Lantas kita sebagai anak bangsa, tentunya juga ikut mengembangkan perusahaan brand lokal tersebut dengan membeli dan mensosialisasikan produk brand lokal tersebut secara positif kepada masyarakat.

3. Ikut membantu mengembangkan produk dalam negeri

Semakin kita membeli produk dengan brand lokal, secara langsung kita turut membantu dalam pengembangan produk dalam negeri semakin maju. Hal ini didasari dengan berbagai faktor, tidak hanya karena faktor kecintaan terhadap produk dalam negeri melainkan juga karena produk yang dihasilkan memang bagus dan memiliki kualitas yang tinggi, sehingga meskipun harga yang ditawarkan cukup mahal, pelanggan akan tetap setia membeli karena worth it dengan kualitas yang diberikan.

4.  Mengembangkan produk dengan kearifan lokal masyarakat

Salah satu produk lokal khususnya pada bidang fashion adalah dengan memadukan unsur kearifan lokal dalam produk mereka. Produk yang dihasilkan justru menjadi trend baru yang memiliki kualitas tinggi juga. Sehingga, jika kita membeli produk tersebut, otomatis kita juga ikut mengeksistensikan budaya lokal Indonesia menjadi produk yang berkualitas tinggi pula. Walaupun di zaman globaliasi ini telah banyak budaya luar yang masuk ke Indonesia, tetapi kita masih bisa tetap mempertahankan budaya kita dengan cara ikut berkompetisi dalam bidang fashion.

Source : kompasiana(dot)com
« Last Edit: February 19, 2020, 01:41:25 PM by aldionwahyu »