Author Topic: Kerajinan Bambu Di Jabar Bisa Sekelas Jepang  (Read 99 times)

Offlinesuhartono

Newbie

Kerajinan Bambu Di Jabar Bisa Sekelas Jepang
| February 24, 2020, 02:28:19 PM

Sumber: kompas(dot)com

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi mengatakan, kualitas kerajinan bambu Jawa Barat bisa setara Jepang. Hal itu disampaikan Dedi saat mengunjungi perajin kreatif cinderamata di Kampung Cirungki, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Senin (30/4/2018). Dedi mengatakan, bambu merupakan salah satu identitas warga Sunda yang biasa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, jadi bahan baku atap rumah, alat membangun rumah, perkakas, meubeler, alat dapur, sampai berbagai jenis hasil kerajinan menarik.

"Berulangkali saya katakan bahwa bambu merupakan salah satu identitas warga Sunda. Mereka bisa menghidupi dirinya dengan alam melalui pohon bambu yang diolah sedemikian rupa menjadi bahan komersil," jelas Dedi kepada wartawan saat bertemu para perajin cinderamata bambu di Kabupaten Bandung, Senin (30/4/2018).

Ditambahkan Dedi, warga di kampung ini mampu menyulap bambu melalui rantingnya menjadi bahan berkelas seperti gelang, gantungan kunci, pulpen dan lainnya. Kerajinan ini menjadi mata pencaharian di kampung tersebut. Hasil produksi pun sudah dipasarkan ke wilayah lokasi wisata terkenal di seluruh Indonesia.

"Nantinya, hasil produksi dari bambu seperti ini di Jawa Barat bisa ditingkatkan kelasnya seperti kerajinan bambu di Jepang," ungkap Dedi. Peranan pemerintah provinsi, lanjut Dedi, sangat diperlukan untuk meningkatkan promosi dan kualitas kerajinan bambu mulai dari permodalan, pemasaran dan pembinaan untuk go international.

memiliki kelas tinggi hampir sama halnya dengan kerajinan dengan bahan baku metal ataupun perak. Kerajinan atau perkakas dari bambu di Jepang bahkan harganya bisa lebih tinggi dari bahan lainnya karena dinilai memiliki karya seni tinggi serta unik.

Sumber: kompas(dot)com