Author Topic: Produk Inovasi Teknologi Karya Penerus Bangsa Indonesia  (Read 199 times)

Offlinealdionwahyu

Newbie

Indonesia tidak kekurangan orang pintar. Hal ini terlihat dari banyaknya anak bangsa yang mencurahkan kepintaran mereka, untuk menciptakan teknologi baru yang memudahkan kehidupan. Bahkan, tak sedikit teknologi karya anak bangsa yang terkenal di dunia internasional.

Berbagai inovasi diciptakan untuk memperbaiki kualitas hidup manusia. Baik untuk manusia itu sendiri, maupun untuk membuat lingkungan hidup yang lebih baik untuk ditinggali.

Apa pun latar belakangnya, segala inovasi anak bangsa sudah selayaknya mendapatkan perhatian khusus.

Pendidikan adalah modal utama dalam hal mendapat pengetahuan untuk menciptakan sebuah inovasi. Tak heran jika inovasi teknologi karya anak bangsa berikut ini, banyak yang dicetuskan oleh kaum akademisi, baik siswa maupun mahasiswa. Apa saja terobosan baru yang unik itu?

1. Sepeda Motor Listrik
Source Image : Sepeda Motor Gesit | Foto: Suara Burung Lovebird

Indonesia adalah negara dengan populasi sepeda motor yang sangat banyak, sehingga pencemaran udara semakin parah, terutama di kota besar. Itulah yang mendasari mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS) menciptakan sebuah sepeda motor yang bertenaga listrik.

Diberi nama Gesits, sepeda motor ini menggunakan baterai berukuran 5kWH sebagai motor penggerak. Untuk sekali pengisian penuh, baterai tersebut mampu digunakan untuk perjalanan sejauh 80 bahkan 100 kilometer. Ketika baterai habis, hanya butuh waktu 4 jam saja untuk pengisian ulang sampai penuh kembali.

2. Tempat Sampah Pintar
Image source : Smart Trash Can | Foto: Copywriting SEO

Gede Herry Arum Wijaya, seorang mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, memiliki kegundahan terkait tata kelola sampah di Indonesia. Hal itu membuatnya menciptakan sebuah tong sampah berteknologi khusus, yang ia namakan Smart Trash Can.

Tong sampah itu memiliki teknologi sensor yang bisa mengelompokkan jenis sampah, sehingga mulut tong akan terbuka sesuai klasifikasi sampah. Misalnya sampah rumah tangga, metal, sampah plastik, bahkan sampah kaca.

Sungguh sebuah teknologi karya anak bangsa yang bermanfaat bukan?

3. Sehati TeleCTG

Terobosan di dunia kesehatan ini adalah teknologi karya anak bangsa yang prospektif. Sebab, TeleCTG adalah pengembangan dari mesin CTG konvensional. Dengan TeleCTG, bidan dapat memantau kesahatan ibu dan janin, bahkan di lokasi terpencil sekalipun.

Perangkat TeleCTG berukuran mini, sehingga mudah dibawa. Untuk penggunaan, tinggal hubungkan perangkat TeleCTG dengan smartphone. Kegiatan pemeriksaan kandungan pun menjadi lebih mudah.

Source : goodnewsfromindonesia.id
« Last Edit: February 17, 2020, 10:35:00 AM by aldionwahyu »