Author Topic: Jenis-Jenis Sponsor untuk Event  (Read 1674 times)

Offlineitara

Newbie

Jenis-Jenis Sponsor untuk Event
| July 10, 2017, 04:17:33 PM
Pihak sponsor merupakan perusahaan atau organisasi yang memberikan dukungan atas keberlangsungan suatu acara yang diselenggarakan. Dukungan tersebut dapat berupa dana atau dalam bentuk apapun yang sekiranya dapat membantu berjalannya acara tersebut dengan lancar.

Tentunya dalam dukungan tersebut, pihak sponsor membutuhkan timbal balik yang sepadan dengan dukungan yang mereka berikan. Sehingga pihak penyelanggara acara perlu mempersiapkan dengan matang apa saja yang akan mereka berikan untuk sponsor yang mendukung.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mengajak kalian untuk memahami secara spesifik apa saja jenis-jenis iklan untuk event. Sehingga saat selesai membaca tulisan ini, pengetahuan kalian tentang jenis-jenis sponsor akan bertambah baik.

Sponsor Tunggal
Jenis sponsor yang pertama adalah sponsor tunggal. Sesuai dengan namanya, saat kalian telah menggunakan jenis sponsor ini untuk event yang diadakan. Kalian sebagai penyelenggara acara tidak perlu lagi mencari sponsor lain dikarenakan dana operasional telah cukup ditanggung semua oleh satu perusahaan. Jadi saat kalian mendapatkan sponsor tunggal yang harus dilakukan adalah fokus menyukseskan acara agar pihak sponsor tidak merasa kecewa dengan kerja sama yang terjalin.
Sebagai contohnya kalian akan menyelenggarakan suatu event di kampus dan kemudian mendapatkan sponsor tunggal yang bersedia bekerja sama. Maka pihak sponsor inilah yang secara keseluruhan akan menanggung pengeluaran kegiatan yang akan diselenggarakan.

Sponsor Utama
Jenis sponsor yang kedua adalah sponsor utama. Di mana dalam hal ini sponsor utama merupakan jenis sponsor yang memberikan kontribusi lebih dari 80% dari total anggaran penyelenggaraan acara. Dikarenakan keseluruhan dana belum terpenuhi oleh sponsor utama, maka pihak panitia acara memiliki hak untuk menerima tambahan sponsor di samping sponsor utama. Meskipun demikian, pihak sponsor utama tetap mendapatkan ruang promosi utama yang lebih besar dibandingkan dengan jenis sponsor yang lainnya.
Selain itu, bisa juga sponsor utama memberikan dukungan kurang dari jumlah tersebut misalnya saja 60% dari total anggaran acara. Jadi sisa dana sebesar 40% tersebut dapat kalian dapatkan melalui sponsor-sponsor lain yang bersedia mendukung acara. Sebagai contohnya saja event yang akan diselenggarakan membutuhkan dana sebesar 100 juta rupiah. Maka dana sebesar 60 juta telah kalian dapatkan dari sponsor utama dan sisa 40 juta tersebut bisa kalian dapatkan dari jenis sponsor yang lain.

Sponsor Alternatif
Jenis sponsor yang selanjutnya adalah sponsor alternatif. Dikatakan sebagai sponsor alternatif sebab jenis sponsor ini memang sebagai alternatif dana. Hal ini dilakukan oleh pihak penyelenggara acara untuk mendapatkan dana tambahan meskipun nominalnya relatif kecil. Sponsor alternatif dapat terjadi untuk meng-cover keinginan dari pihak perusahaan yang ingin bekerja sama dengan panitia acara tapi merasa paket yang ditawarkan panitia acara terlalu besar atau mahal. Oleh karena itulah jenis perusahaan seperti ini akan dimasukkan ke dalam sponsor alternatif di mana paket yang ditawarkan kepada mereka lebih murah dibandingkan dengan jenis sponsor yang lainnya. Contoh sederhana dari sponsor alternatif adalah seperti ini. Misalnya saja kalian sebagai panitia acara berencana untuk membuat suatu acara seminar atau workshop di suatu tempat. Acara tersebut telah rutin kalian selenggarakan setiap tahunnya dan kisaran dana yang kalian perlukan untuk mengadakan acara tersebut mencapai 150 juta rupiah.

Sponsor In-Kind


Jenis sponsor tidak selalu harus memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada pihak panitia acara. Sebab bantuan bisa dalam bentuk apa saja yang bermanfaat dalam kesuksesan suatu acara. Jenis sponsorship semacam inilah yang disebut sebagai sponsor in-kind.

Biasanya jenis sponsor ini memberikan bantuan yang lumayan besar kepada panitia acara tapi ingat bantuan tersebut bukan dalam bentuk uang tunai. Sebab bisa jadi bantuan tersebut dalam bentuk barang atau berbagai produk dari perusahaan itu sendiri. Hal ini dilakukan oleh perusahaan sebab selain ingin bekerja sama dengan kalian selaku penyelenggara acara, mereka juga ingin mengenalkan produk –produk mereka kepada masyarakat yang hadir.

Sebagai contohnya saja kalian berencana membuat sebuah acara kompetisi atau perlombaan dan mulai mencari sponsor untuk mendukung kegiatan tersebut. Ada baiknya jika kalian bekerja sama dengan perusahaan produsen sepeda motor atau peralatan elektronik. Sehingga saat kalian bekerja sama dengan perusahaan tersebut, mereka dapat membantu kalian dengan sebuah unit sepeda motor atau alat elektronik.

source: Bite Brands