Author Topic: Cara Mengetahui Keaslian Mutiara Asli di Lombok  (Read 1619 times)

OfflineDini Vianty

Full Member

LOMBOK - Keindahan mutiara Lombok sudah tidak diragukan lagi. Oleh-oleh khas nan cantik ini pun menjadi salah satu buah tangan yang patut dibawa pulang dari Lombok.

Namun, untuk mendapatkan mutiara asli khas Lombok, harus memperhatikan detil mutiara. Pasalnya, mutiara plastik saat ini telah banyak diperjualbelikan dan sulit membedakannya dengan mutiara asli.

Salah satu pelaku usaha mutiara Lombok, Diana Pearls memberikan tips-tips membedakan mana mutiara yang asli dan tidak.

“Mutiara Lombok memiliki ketebalan terhadap warnanya, tidak semua mutiara asli mulus ada juga yang memiliki urat dan tidak semua mutiara asli memiliki kilau sempurna, karena liur dari mutiara yang masih sedikit,” ungkap Diana kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, meski saat ini banyak beredar mutiara plastik dengan berat, warna, hingga ukuran yang sama dengan mutiara asli, namun tetap saja, plastik tidak memiliki serat seperti halnya mutiara asli.

“Jika Anda ingin membuktikan mutiara asli atau plasik bisa dengan mengigit atau menggesekkan mutiara pada gigi Anda dan rasakan perbedaan keduanya. Jika mutiara asli akan ada serat dan kasar ketika terkena gigi atau lidah, untuk mutiara plastik akan terasa mulus,” tambah dia.

Tips lainnya, lanjut dia, dapat diidentifikasi melalui harga. Sebab, tidak mungkin penjual mutiara plastik memberikan harga yang lebih miring. Diana merincikan, untuk mutiara dengan kelar nomor satu, dengan syarat kilau dan mulus, dikenai harga sekira Rp300 ribu per gram.(rai)

Source : Oke Zone