Author Topic: SEO dan Bisnis Online  (Read 1373 times)

Offlineitara

Newbie

SEO dan Bisnis Online
| July 11, 2017, 05:18:03 PM
Dengan adanya teknologi internet diiringi dengan pertumbuhan angka pengguna internet yang semakin signifikan, semua orang bisa menjadi pebisnis. Tak heran jika bisnis online dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Bahkan, menurut 40 persen pengguna internet melakukan pembelian produk secara online melalui gadget mereka.

Dalam berbisnis, apapun bentuknya, Anda tentu tak akan bisa lepas dari kegiatan pemasaran dan promosi; apalagi bisnis online yang makin menciptakan persaingan yang sengit. Jika Anda tak bergerak dalam promosi, Anda bisa "tertindas" dalam kompetisi mendatangkan pengunjung website untuk mendapatkan pembeli.  Banyaknya online shop yang kini bermunculan dengan website akan menciptakan persaingan sengit dalam memperebutkan posisi terbaik di search engine seperti Google dan Yahoo! Oleh karena itu, Anda tak boleh lalai melupakan persaingan promosi di dalam search engine ini. Untuk bisa mendapatkan posisi terbaik, kamu bisa menggunakan sebuah teknik yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri merupakan serangkaian teknik untuk menempatkan suatu website atau situs pada posisi yang strategis di search engine, seperti Google dan Yahoo! Posisi yang strategis ini pun akan membuat toko online-Anda berpeluang besar untuk menjaring pengunjung secara lebih mudah. Sebuah data menunjukkan bahwa pada tahun 2006 ada sekitar 7.500 milyar pencarian per-bulan melalui search engine oleh netizens di seluruh dunia. Angka ini ternyata terus meningkat, di mana jumlahnya mencapai hampir 16.000 milyar per-bulan pada tahun 2010. Dari sinilah penerapan SEO pada situs toko online wajib dilakukan, guna mendapatkan targeted list atau pengunjung tertarget. Targeted list sendiri merupakan orang-orang yang benar-benar ingin mencari produk yang Anda jual melalui search engine. Dengan menjaring targeted list, peluang  Anda untuk meningkatkan angka penjualan akan semakin tinggi.

Tahukan Anda ?
Mereka yang menggunakan Google sebagai mesin pencari informasi cenderung hanya membuka halaman pertama hasil pencarian. Jika dirasa informasi yang didapat kurang relevan, maka mereka akan mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci lain, sehingga informasi yang didapat adalah informasi yang benar-benar mereka butuhkan. Sayangnya, dalam menjalankan toko online ini banyak yang kurang memahami pentingnya SEO yang merupakan salah satu elemen krusial dalam memenangkan persaingan marketing dunia maya. Pernah terpikirkan oleh Anda seberapa besar keutungan yang akan diraup dengan menempatkan website di halaman satu Google. Jika IYA, toko online Anda akan mendapatkan lebih banyak kunjungan sehingga membuat tingkat konversi penjualan semakin lebih besar.

Para pemilik website sepakat, berada dihalaman pertama hasil pencarian google adalah salah satu cara yang paling efektif bagi mereka untuk memasarkan website mereka. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar website kita dapat meraih posisi paling strategis itu yaitu dengan SEO yang notabene biaya per klik GRATIS atau tidak berbayar. Jika Anda sebagai pelaku bisnis online yang mengandalkan SEO pada setiap kata kunci yang telah di targetkan, Apakah website Anda sudah berada di halaman pertama? Seberapa jauhkan usaha Anda dalam menaikkan pengunjung website jika dibandingkan dengan usaha rival atau competitor Anda diluaran sana? Silakan cek keberadaan website, apakah sudah berada dihalaman satu Google, dan apakah kata kunci yang ada terapkan pada termasuk dalam kata kunci dengan pencarian yang tinggi atau rendah. Lama atau tidaknya waktu optimasi SEO tidak begitu berpengaruh pada tingkat kemajuan yang akan Anda dapatkan, karena pada dasarnya SEO ditentukan oleh banyak hal salah satunya seperti kualitas backlink. Backlink adalah sebuah link berupa alamat website atau blog ( bisa berupa anchor text) yang terletak pada situs web lain.

Hampir rata-rata dari kita mungkin berpikir kalau semakin banyak backlink maka semakin bagus juga posisi SERP kita di google, memang backlink itu berperan cukup penting oleh karena itu tidak heran jika banyak orang menjadi backlink hunters. Sayangnya beberapa orang terlalu fokus untuk mencari backlink melalui pertempuran off-page dan mengabaikan faktor penting lain yang harusnya mereka juga harus targetkan, pernahkah anda melihat website dengan minim backlink terlihat lebih baik dalam posisi SERP dari pada website yang malah mempunyai ribuan backlink? tentu saja banyak!! Google selalu update algorithma cara mereka menilai layak atau tidak suatu website. Inti dari semua algorithma google adalah google hanya ingin informasi yang didapat oleh pencari jasa search engine menarik dan berkualitas makanya tidak semua website dengan gampang bisa berada di halaman pertama Google. Lalu Backlink seperti apa yang  Anda gunakan? Backlink dengan otoritas nilai yang tinggi, backlink dengan konten yang informatif atau bahkan yang lebih mengerikan jika Anda menggunakan backlink robot generator. Robot generator canggih pasti sanggup menanamkan backlink dengan jumlah luar biasa, tetapi pertanyaannya “Apakah Google bisa dikelabuhi oleh robot?” Tentu TIDAK.

Beberapa fakta tentang SEO yang wajib Anda ketahui :
1. Cara paling efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung website secara organik tanpa berbayar.
2. Penentu keputusan, 93% konsumen mencari produk yang mereka inginkan di Search Engine langsung.
3. SEO mampu menaikkan 80% pengunjung website, dengan catatan Website Anda mampu bersaing di halaman satu Google.

source: indonesia-product.com