Author Topic: Anak Anak Dari Muratara Ini Mampu Sulap Kardus Jadi Miniatur Unik  (Read 1858 times)

Offlinesuhartono

Newbie

Kreatifitas anak anak dari Bumi Beselang Serundingan terus menonjol kali ini ditunjukkan oleh siswa dari MTs Negeri 1 Kabupaten Muratara.
Pasalnya, mereka mampu menyulap kardus bekas yang merupakan limbah organik kering yang sering ditemukan di tempat pembuangan sampah dan sudah tidak terpakai menjadi miniatur unik.


Sumber: tribunnews(dot)com

MTs Negeri 1 Muratara adalah sekolah lanjutan tingkat menengah berbasis Islam yang berada di Desa Lesung Batu, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Para siswa dan siswi di sana selain dididik ilmu agama dan pengetahuan umum, juga diajarkan keterampilan dalam bidang kesenian.

Salah satunya seni membuat kerajinan tangan dari bahan dasar kardus bekas menjadi miniatur unik, seperti rumah-rumahan, kapal-kapalan, dan lain sebagainya.

Kepala MTs Negeri 1 Muratara, Syakroni melalui guru mata pelajaran Prakarya, Eli Sartika menuturkan, kerajinan tangan yang dibuat oleh siswanya ini merupakan nilai praktek mata pelajaran Prakarya.

"Iya, kegiatan ini bagian dari ambil nilai, nah hasil karya mereka yang bagus-bagus ini bisa dipajang untuk menghias kelas ataupun kantor," katanya.

Menurut Eli, kegiatan tersebut bertujuan agar kreatifitas anak didiknya semakin terasah, sehingga bisa diketahui mana siswa yang memiliki jiwa seni yang tinggi.

"Semakin sering membuat Prakarya, maka akan semakin terasah juga kemampuan dan ide mereka, karena prestasi itu tidak hanya bidang Sains namun seni juga bisa menjadi prestasi," katanya.

Sementara, Komalia seorang siswi MTs Negeri 1 Muratara mengatakan, pembuatan kerajinan tangan berbahan kardus ini tidak terlalu sulit, apalagi bahannya pun mudah didapat.

"Untuk membuat kerajian dari kardus bekas ini kita harus memiliki teknik dan ketelitian yang tinggi agar hasilnya nanti terlihat bagus dan rapi," jelasnya.

Menurutnya, selain menambah pengetahuan tentang manfaat limbah organik, kegiatan seperti ini juga akan mengasah keterampilan siswa, sehingga siswa semakin kreatif dalam berkarya.

Sumber: tribunnews(dot)com