Indonesia Product Artikel

Berjualan Tanpa Promosi, Bisnis yang Pincang!

Ilustrasi: Bisnis Batik Brotoseno dari Sragen Jawa Tengah

Beberapa masyarakat masih beranggapan bahwa tugas sales person itu berjualan sekaligus promosi. Padahal kenyataanya, berjualan dengan promosi adalah dua kegiatan atau aspek yang berbeda. Keduanya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, namun keduanya membutuhkan ilmu dan skill yang berbeda. Berjualan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk sales person. Kegiatan yang dilakukan adalah menjual produk secara langsung kepada calon pembeli. Sementara promosi merupakan salah satu fungsi team marketing, yang lebih pada memikirkan serta mengadakan strategi-strategi promosi/pemasaran. Tentu saja dibutuhkan ilmu dan skill khusus dalam melakukan fungsi ini.

Lebih dari sekedar menjual produk perusahaan, promosi lebih bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan image perusahaan. Sebagai suatu contoh, apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata Starbucks? Tanpa butuh waktu lama, yang terlintas dalam benak anda pasti “kopi keren, mahal dan berkelas”. Kok bisa? Ini disebabkan brand awareness Starbucks di masyarakat cukup kuat, karena strategi promosi yang tepat. Maka, strategi promosi menjadi sangat penting dilakukan untuk mendukung direct selling (penjualan langsung ke calon pembeli). Tanpa promosi masyarakat tak mengenal produk, terlebih membelinya. Namun dengan strategi promosi yang tepat, grafik penjualan dengan sendirinya akan meningkat karena masyarakat berhasil menyadari eksistensi produk dengan baik.

Memasuki era digital, kegiatan promosi sebenarnya menjadi lebih mudah dilakukan. Bahkan di dunia entertainment, banyak public figure lahir dari eksistensinya di dunia digital. Dunia digital dapat mengubah sesuatu yang awalnya hanya dikenal dalam skala lokal menjadi skala nasional, bahkan internasional. Oleh karena itu, dunia digital adalah lahan subur bagi para pelaku fungsi marketing/promosi perusahaan. Selain karena jangkauannya yang sangat luas, juga karena kedekatannya dengan masyarakat. Siapa yang akan menyangkal bahwa hampir setiap orang kini telah akrab dengan internet?

Kusuma Furniture di Laman indonesia-product.com

Jika bisnis Anda masih belum banyak dikenal masyarakat luas di luar daerah Anda, maka mulailah masuk dalam media promosi digital. Dengan meningkatnya pengunjung pada media promosi digital, maka potensi datangnya pembeli/customer juga akan meningkat. Bagai menyelam sambil minum air, selain berdampak pada penjualan, cara ini juga dapat sekaligus meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk Anda. Sebaliknya jika Anda tidak berani menginvestasikan budget untuk promosi, bagaimana Anda bisa menjaring calon customer, sementara promosi sangat penting bagi kelangsungan bisnis.

Tak semua media promosi digital dapat membawa bisnis Anda pada kesuksesan. Maka bijak-bijaklah dalam memilih lahan untuk berinvestasi, jangan pertaruhkan dana perusahaan untuk kegagalan yang bisa dicegah. Sebelum mengambil keputusan, pastikan media tersebut memiliki sasaran yang luas baik nasional ataupun internasional. Kedua, cek kembali rekam jejak media tersebut dalam dunia promosi digital. Beberapa media promosi digital yang dapat menjadi rekomendasi promosi digital Anda yaitu www.indonesia-product.com dan www.indonesia-tourism.com. Kedua portal ini bertaraf internasional, dan memiliki posisi yang baik dalam dunia promosi digital.

Bagi pelaku bisnis UKM atau produk-produk asli Indonesia, dapat memilih www.indonesia-product.com sebagai media promosi digital. Tentu saja selain memperbanyak customer nasional maupun internasional, Anda juga dapat menanamkan brand awareness pada masyarakat di seluruh dunia. Sedangkan bagi pelaku bisnis tour travel, hotel atau produk dan jasa lain yang berkaitan dengan pariwisata, dapat memilih www.indonesia-tourism.com. Sebagai pemain bisnis pariwisata, Anda tentu menginginkan turis asing untuk menjadi target customer utama kan?

Lombok Tour Package by alaransel di Laman indonesia-tourism.com

Kedua portal ini dibuat khusus masing-masing untuk mempromosikan produk khas Indonesia dan pariwisata Indonesia. Berbagai informasi disajikan untuk semakin menarik minat baca pengunjung internet.  Contohnya, informasi detail mengenai destinasi wisata Indonesia pada portal www.indonesia-product.com. Kedua portal promosi ini berbahasa inggris, dan mampu memberikan jaminan ROI bisnis. Keduanya juga muncul di halaman pertama Google, sehingga Anda tak perlu ragu soal banyaknya kunjungan pada portal-portal tersebut. Bahkan, setiap harinya selalu ada saja email inquiry dari turis atau orang-orang asing yang menanyakan produk/paket yang tertera pada laman portal. Bukankah mereka adalah orang-orang yang berpotensi menjadi next customer anda?

Pelaku bisnis jangan lagi menyepelehkan kekuatan promosi. Mulai saat ini, jangan serahkan masa depan perusahaan hanya pada sales person! Memang, promosi tidak bisa instan. Selain budget, perlu waktu agar bisnis Anda dapat tampil eksis di halaman utama Google. Namun ingatlah peribahasa ini, No pain no gain! Tidak ada kerja keras, maka tak ada pula keuntungan yang menunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *