Indonesia Product Artikel

Kolaborasi IPG – SMESCO, Promosikan UKM Indonesia ke Pasar Internasional

Perwakilan PT. Indonesia Product Global, Santoso Suratso (pemegang kontrak sebelah kiri) dan perwakilan SMESCO Indonesia, Ahmad Zabadi (pemegang kontrak sebelah kanan) bersama tim kerja

Berpayung pada tujuan memajukan UKM dan produk Indonesia, PT. Indonesia Product Global (IPG) terus berusaha mengembangkan sayap. Perkembangan yang dimaksud tak hanya dalam hal kualitas produk, namun juga hubungan perusahaan dengan perusahaan lainnya. Karena selain untuk melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing perusahaan, memperluas hubungan dapat meningkatkan eksistensi perusahaan di masyarakat. Dengan harapan inilah, PT. Indonesia Product Global dan SMESCO Indonesia memutuskan untuk menjalin kerjasama.

Kedua perusahaan secara resmi bekerjasama setelah penandatanganan kontrak pada Jumat (19/05/2017), di Gedung SMESCO Indonesia Jl. Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta Selatan. Kontrak ditandatangani langsung oleh Dirut SMESCO Indonesia Ahmad Zabadi, dan Dirut PT. Indonesia Product Global Santoso Suratso. Keduanya seolah berkolaborasi untuk mempromosikan UKM Indonesia. Oleh karena itu, kerjasama ini menjadi awal yang baik bagi perkembangan UKM dan produk Indonesia, khususnya di pasar internasional.

Penandatanganan kontrak oleh perwakilan PT. Indonesia Product Global, Santoso Suratso dan SMESCO Indonesia, Ahmad Zabadi

SMESCO Indonesia merupakan perusahaan pelayanan publik yang berada di bawah naungan Kementerian Koperasi dan UKM. SMESCO Indonesia berperan sebagai penyedia dan pengelola gedung bangunan sebagai galeri pameran para UKM Indonesia. “Anggap saja, kami ini seperti mall’nya para UKM,” ungkap Ahmad Zabidi. Menurutnya, galeri SMESCO didesain seunik mungkin, dengan mengacu pada dua konsep display area. Yang pertama, yaitu pembagian stan menurut jenis produknya seperti pakaian pria, wanita, tas, sepatu dsb. Kedua, pembagian stan menurut provinsi asal produk seperti Papua, Jambi, Sulawesi Utara, Bengkulu dsb.

Bergerak di bidang yang sama, yaitu UKM, PT. Indonesia Product Global cenderung pada upaya digital marketing para UKM Indonesia. PT. Indonesia Product Global memiliki banyak website unggulan yang digunakan sebagai tempat promosi UKM dan produk-poduk Indonesia. Berbeda dengan gallery building, kegiatan promosi yang dilakukan secara digital ini bersifat lebih global. Bahkan, PT. Indonesia Product Global memiliki track record yang cukup baik dalam membawa banyak UKM Indonesia ke pasar ekspor. “Digital marketing adalah strategi yang paling relevan di era digital. Dan kami telah berpengalaman di bidang ini sejak tahun 1998,” ujar Santoso Suratso.

Tim perwakilan PT. Indonesia Product Global bersama tim perwakilan SMESCO Indonesia

Ahmad berharap dengan adanya kerjasama ini, SMESCO Indonesia yang membawa seluruh produk Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat internasional. Lebih dari itu, diharapkan para pelaku UKM Indonesia juga dapat memperluas bisnisnya. “Dampaknya luas, semoga pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin terangkat. Dan produk Indonesia menjadi pilihan konsumen, baik nasional atau internasional,” ucapnya.

Pihak PT. Indonesia Product Global, Santoso juga mengharapkan hal yang sama. Baginya, semua kegiatan yang dilakukan harus selaras dengan tujuan perusahaan “Yang penting sesuai dengan visi kami, membantu memajukan UKM Indonesia ke kancah global melalui digital marketing, dan memperbanyak devisa negara,” ungkapnya. Untuk perkembangan selanjutnya, Santoso mengaku akan terus mengupayakan kerjasama yang lebih luas, disertai dengan inovasi-inovasi yang mendukung tercapainya UKM yang maju. (Wr/ed: Lia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *