Indonesia Product Artikel

Furniture Jati Premium yang Murah itu Ada!

Furniture kayu jati masih menjadi pujaan setiap orang hingga kini. Kekuatan dan keindahan yang dimiliki membuat kayu ini banyak dicari oleh para pecinta furniture. Namun di balik keunggulannya, tentu ada harga yang harus dibayar. Para calon pembeli harus siap merogoh kocek yang lebih dalam jika ingin mendapatkan furniture kayu jati, dibandingkan dengan furniture kayu jenis-jenis lainnya. Harga yang terlampau mahal inilah yang seringkali membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk membelinya. Apalagi jika tujuannya untuk digunakan secara pribadi.

Dining Set, hasil produksi Kusuma Furniture sebelum dilakukan finishing

Sebenarnya, tak semua furniture kayu jati dibanderol dengan harga yang selangit. Hal ini tentu bergantung dari produsen yang mematok harganya. Apalagi jika dibeli dari agen yang sudah melewati beberapa distributor dan agen-agen lainnya. Maka, calon pembeli memang harus giat dan jeli melakukan survei, ke mana atau kepada siapa ia akan membeli furniture kayu jati.

Jepara terkenal sebagai kota yang menjadi pusat pembuatan furniture, termasuk furniture kayu jati. Puluhan perusahaan furniture lahir di kota ini. Namun, Kusuma Furniture merupakan satu-satunya produsen furniture kayu jati yang menawarkan harga paling terjangkau. Jaminan harga rendah ini membuatnya banyak diminati oleh para pencari furniture, baik untuk tujuan dijual lagi, digunakan umum ataupun pribadi. Alhasil, Kusuma Furniture perlahan mampu mendulang kesuksesan sejak didirikan pada tahun 2001.

Kesuksesan Kusuma Furniture didukung oleh tim promosi yang hebat pula, salah satunya yaitu tim Indonesia Product Global (IPG). Wahyu mulai menyadari akan pentingnya promosi tak hanya dalam negeri, tapi juga luar negeri. Ia memutuskan bergabung dengan IPG pada 2013, wadah promosi online bagi para pebisnis Indonesia. Tujuan IPG, yaitu untuk memajukan bisnis dan ekonomi masyarakat Indonesia di kancah dunia.

Halaman Kusuma Furniture di beberapa website promosi milik IPG

Peran IPG sebagai media promosi bisnis Indonesia tak perlu diragukan. Buktinya, Kusuma Furniture mampu mendapatkan pelanggan asing dan menjadi perusahaan yang berbasis ekspor. Produk-produk furniturenya telah sampai pada negara-negara di seluruh Asia, Eropa, Amerika dan Mediterania. Namun, kepuasan membeli tetap menjadi poin penting para pelanggan untuk loyal terhadap produk milik Kusuma Furniture. Tentu saja, hal ini karena harga dan kualitasnya mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan furniture lainnya.

Harga yang murah bukan berarti mengurangi kualitas produk. Kualitas rendah bukan satu-satunya faktor bagi sebuah perusahaan untuk memberikan harga yang terjangkau. Kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang selalu mendorong Kusuma Furniture untuk menawarkan harga bersaing. Wahyu, sang owner, memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah pedoman bagi perusahaan. “Tujuan kami adalah kepuasan pelanggan. Maka kami buktikan dengan tersedianya banyaknya pilihan, jaminan produk kembali, harga bersaing dan kualitas premium. Keempat hal tersebut menjadi prinsip utama perusahaan kami,” ungkap Wahyu.

Lounger, hasil produksi Kusuma Furniture sebelum dilakukan finishing

Wahyu mengatakan, kualitas tetap menjadi hal pertama yang diperhatikan. Karena menurutnya, produk dengan kualitas rendah tak hanya merugikan pembeli, namun juga perusahaan. Bagaimana tidak, perusahaan harus bersedia menerima komplain dan mengeluarkan biaya tambahan untuk pengiriman produk pengganti. Selain itu, reputasi perusahaan akan menjadi taruhannya. “Reputasi perusahaan nilainya sangat berharga. Maka untuk menciptakan reputasi perusahaan yang baik, kami selalu memperhatikan kepuasan pelanggan, khususnya kualitas dan harga,” ujar Wahyu.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi hasil produksi dengan kualitas baik, yaitu bahan baku, mesin produksi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Ketiganya juga turut diperhatikan oleh Wahyu, agar kualitas produk yang dihasilkan senantiasa baik. Bahan baku kayu jati dipasok dari Perhutani, BUMN pengolah hutan jati. Kayu milik Perhutani memiliki kualitas tinggi, karena perawatan pohonnya yang intensif. Selain itu, mesin-mesin yang digunakan untuk proses produksi sudah modern, dan SDM telah dilatih untuk menghasilkan furniture yang kokoh dan indah.

Bagaimanapun caranya, akan dilakukan oleh Wahyu demi memuaskan hati pelanggan. “Intinya, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Repot-repot dulu, pelanggan puas kemudian. Dalam arti, segala persiapan yang matang mulai dari harga, kualitas dan pelayanan akan kami lakukan untuk hasil yang terbaik,” ucapnya. (wr/ed: Lia)

 

 

 

CV. Kusuma Furniture Jepara
Jl. Penjawi 459A Pati, Indonesia
+62 295 383411
kusuma.furniture@gmail.com
www.kusumafurniture.com

PT Indonesia Product Global
Graha Kencana #DM, Jl. Raya Perjuangan 88, Jakarta 11530, Indonesia
+62215494049
info@indonesia-product.com
www.indonesia-product.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *