Indonesia Product Artikel

Furniture Ramah Lingkungan yang Go International

Bench, hasil produksi Kalingga Jati Furniture sebelum dilakukan finishing

Kayu Jati yang ramah lingkungan dan memiliki kualitas bagus tetap menjadi idaman pecinta furniture kayu jati di Indonesia. Meski memiliki konstruksi yang bagus, awet dan indah, jika tidak ramah lingkungan maka akan menimbulkan masalah baru bagi kondisi alam. Penebangan pohon secara liar, tak bertanggung jawab terhadap kondisi alam selanjutnya, menyebabkan alam Indonesia menjadi sakit. Tak heran jika isu kebakaran hutan selalu menjadi topik hangat pemberitaan selama bertahun-tahun. Karena selain adanya kemungkinan pengrebutan lahan, paparan sinar matahari terhadap hutan yang kering dan gundul akibat penebangan liar juga jadi penyebabnya.

Penetapan kebijakan SVLK (Standar Verifikasi Legalitas Kayu) agaknya dapat mengurangi risiko penebangan liar. Perusahaan-perusahaan pemasok kayu harus melalui proses sertifikasi agar mendapatkan izin penebangan pohon dan klaim legal pada kayu yang dihasilkan. Tentunya, harus dibarengi dengan kiat reboisasi atau usaha pelestarian kembali dari pihak perusahaan agar dapat mengantongi SVLK.

Sayangnya, masih banyak perusahaan swasta yang melanggar aturan legalitas tersebut, sehingga timbul berbagai bencana alam yang merugikan masyarakat. Lalu bagaimana pecinta furniture dapat memastikan bahwa furniture yang dibeli berasal dari kayu yang legal dan ramah lingkungan?

Kalingga Jati Furniture dapat menjadi jawaban atas pertanyaan ini. Sebagai produsen furniture kayu jati unggulan asal Jepara, Kalingga Jati Furniture tidak sembarangan mencari sumber pasokan kayu. Djumadi, founder dan CEO Kalingga Jati Furniture, menjunjung tinggi nilai ramah lingkungan. Maka untuk menghasilkan kayu yang berkualitas namun tak merusak lingkungan, Djumadi selalu memastikan bahwa kayu-kayunya hanya dipasok dari PT. Perum Perhutani.

Jika pengelolaan kayu dari beberapa perusahaan swasta masih bisa dipertanyakan legalitasnya, maka kayu hasil kelola PT. Perum Perhutani tak perlu diragukan lagi. Perusahaan milik negara ini mengelola hutan dengan ketat dan perawatan yang lebih intensif, sehingga mampu menghasilkan kayu berkualitas tanpa merusak alam. Kualitas kayunya jauh lebih tinggi dari hasil kelola masyarakat mandiri ataupun swasta. Karena, pengelolaan yang dilakukan secara ilmiah, menggunakan teknologi, riset serta nutrisi hara yang terpenuhi dengan baik. Hal ini menjadikan warna, keawetan serta harganya jauh lebih tinggi dari kayu jati lokal manapun.

Proses pembuatan furniture di pabrik Kalingga Jati Furniture

Tak hanya kualitas dasar kayu, furniture yang premium juga dipengaruhi oleh proses pembuatannya. Mulai dari langkah awal, ukiran hingga proses finishing yang bagus juga akan menghasilkan premium yang kualitasnya premium. Sebagai perusahaan furniture yang telah berdiri lama, yakni tahun 1971, Kalingga Jati telah berpengalaman menghasilkan furniture dengan finishing yang bagus. Apalagi, prinsip ramah lingkungan tetap diterapkan hingga akhir proses produksi. Proses pembuatan dan finishing yang tepat dapat memperpanjang masa keawetan kayu, terutama dari bahaya lapuk dan hama.

Kualitas furniture Kalingga Jati membuatnya terkenal tak hanya di Indonesia, namun juga international. Pelanggannya berasal dari banyak negara yang tersebar di Asia, Eropa, Australia dan Amerika. Selama lebih dari 30 tahun kiprahnya di dunia furniture, kini Djumadi berhasil membentuk usahanya menjadi perusahaan berbasis ekspor, atau bisa disebut Go International.

Lounger, hasil produksi Kalingga Jati Furniture sebelum dilakukan finishing

Merengkuh pasar yang lebih luas ke mancaneara memang tak semudah yang terlihat. Selain bermodalkan kualitas, Djumadi juga menggandeng Indonesia Product Group sebagai partner promosi. Tujuannya, tentu untuk memperluas pasar baik di dalam ataupun luar negeri. Alhasil, Kalingga Jati menjadi semakin dikenal oleh publik pecinta furniture, terutama mengenai motto perusahaan yang mengedepankan konsep ramah lingkungan.

Indonesia Product Group memang dikenal sebagai portal e-commerce yang mempromosikan bisnis dalam negeri, agar semakin luas dikenal publik. Sasaran utamanya adalah pasar luar negeri yang membutuhkan pasokan-pasokan produk dari Indonesia. Indonesia Product Global berperan sebagai media promosi, yang bertujuan untuk memajukan bisnis Indonesia baik dari perusahaan yang sudah memiliki reputasi maupun usaha-usaha kecil menengah (UKM). (wr/ed: Lia)

CV. Kalingga Jati Furniture

Jl.Raya Senenan no.16b, Tahunan, Jepara – Central Java – Indonesia

+62-291-595628 / 591637

info@kalinggajatifurniture.com

PT Indonesia Product Global

Graha Kencana #DM, Jl. Raya Perjuangan 88, Jakarta 11530, Indonesia

+62215494049

info@indonesia-product.com

www.indonesia-product.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *