Indonesia Product Artikel

Kayu Jati Grade A untuk Furniture Kualitas Premium, Produksi Pengusaha Sukses Jepara

Hingga saat ini, kayu jati masih menjadi primadona di antara kayu-kayu lainnya. Dari segi harga memang mahal, namun sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Bagaimana tidak, sederet kelebihan kayu jati rupanya mampu menutup mata para pembeli dari harganya yang selangit. Meski sebagian besar pembeli adalah pemborong furniture untuk hotel, bar, restaurant dan office, namun tak jarang pula masyarakat per-orangan turut antre untuk membelinya.

TV cabinet, hasil produksi Republic Furniture

Harga yang mahal untuk tingkat kekuatan, keawetan dan keindahan nomor 1, mungkin adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan kayu jati. Kayu jati terbukti sangat kuat dan tahan terhadap pengaruh cuaca seperti panas matahari atau hujan. Kayu jati tidak mudah lapuk, dan tidak mudah berubah bentuk meski cuaca berubah-ubah. Kayu jati juga tidak disukai oleh rayap atau serangga perusak kayu lainnya, sehingga tak perlu khawatir kayu akan berlubang termakan rayap. Tekstur kayu yang halus dan warnanya yang indah, membuat kayu ini memiliki nilai plus di sisi estetika.

Namun demikian, furniture kayu jati memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung kelasnya. Furniture kayu jati grade A memiliki kualitas yang lebih premium dibanding furniture kayu jati dengan grade B atau C. Furniture grade A hanya menggunakan kayu bagian tengah (heart wood) tanpa penggunaan kayu bagian pinggir (sapwood) yang berwarna putih. Penggunaan heart wood dapat menghasilkan produk furniture dengan warna dan serat kayu yang indah dan seragam. Papan kayunya lebih kuat, tidak mudah bengkok atau menggulung dan juga tidak mudah menyusut. Sehingga akan menghasilkan produk furniture yang sangat awet dan tahan lama.

Sedangkan furniture kayu jati Grade C, sap wood masih digunakan sebagai bahan pembuatannya, dengan persentase sap wood hamper 50%.  Artinya, biaya produksi yang dikeluarkan semakin kecil karena semakin sedikit bagian papan yang terbuang. Namun hal ini mengurangi kualitas furniture yang dihasilkan. Tingkat stabilitas kayunya yang render membuat produsen harus extra berhati-hati selama proses produksi, karena papan kayu rawan pecah. Selain itu hasil warna produknya juga akan kurang seragam karena adanya bagian sap wood yang berwarna putih.

Kursi taman, hasil produksi Republic Furniture sebelum dilakukan finishing

Pembeli harus cermat ketika membeli produk furniture kayu jati. Ciri-ciri yang paling kasat mata dan dapat dilihat ketika membeli produk furniture yaitu dari keseragaman warna kayu. Selain itu, keindahan dan kerapian saat finishing juga menjadi bagian penting untuk menilai kualitas produksi. Tak usah terrena dengan harga yang rendah, namun nyatanya memiliki kualitas yang kurang baik.

Ada banyak perusahaan furniture di Indonesia, khususnya Jepara sebagai kota pusat produksi furniture. Namun dari sekian banyak, CV. Republic Furniture Jepara (Republic Furniture) hadir sebagai produsen furniture terpercaya yang menghasilkan produk-produk furniture berkualitas premium. Kontribusinya di dunia produksi furniture selama 15 tahun, membuat Republic Furniture telah berpengalaman dalam menghasilkan baik indoor atau garden furniture yang memuaskan hati pelanggan.

Kayu Jati yang digunakan untuk proses produksi yaitu kayu grade A yang berasal dari pohon kayu jati yang umurnya sudah tua. Semakin tua umur kayu jati, semakin rapat cincin kambiumnya, dan semakin kuat pula kayunya. Tak hanya itu, tenaga produksi yang berpengalaman dan terlatih dalam finishing produk, membuat furniture hasil kelola dari Republic Furniture semakin memiliki nilai jual. Terbukti, selama ini Republic Furniture telah menjadi supplier rutin produk-produk furniture untuk hotel-hotel berbintang, restaurant, perkantoran, gedung pesta/pertemuan, dll.

Dodik Ikhwanto, CEO Republic Furniture

Dodik Ikhwanto, CEO Republic Furniture mengatakan bahwa tiap bulannya, ia bersama tim produksi secara rutin menghasilkan paling sedikit 7 x 40 feet Container Furniture. Mengenai kualitas, ia memberikan jaminan kualitas A atau premium, tanpa kerusakan/cela pada produk. Jika pembeli menemukan cela yang disebabkan oleh proses produksi, Dodik dan tim produksi siap memberikan perbaikan atau bahkan mengganti produknya dengan yang baru.

Hal yang sangat disyukuri oleh Dodik yaitu bahwa usahanya kini berkembang pesat, hingga go international. Tiap bulan, pengiriman produk tak hanya dilakukan dalam negeri, melainkan ke beberapa negara di seluruh dunia. Mendapatkan banyak pelanggan, mulai dalam negeri hingga luar negeri adalah impian setiap pebisnis, dan kesuksesan ini telah dirasakan oleh Dodik sebagai pebisnis furniture. Kesuksesan ini tak lepas dari peran Indonesia Product Global, partner Dodik dalam berpromosi. “Sejak bergabung dengan IPG di tahun 2014, pelanggan saya semakin bertambah, khususnya pelanggan asing. Saya rasa IPG telah membuat beban pemasaran saya semakin ringan,” ungkap Dodik.

Paket pengiriman Republic Furniture ke berbagai negara

Memang, IPG telah dipercaya sebagai direktori bisnis yang sukses membantu kegiatan promosi para pebisnis Indonesia. Sasarannya tak hanya konsumen dalam negeri, namun juga mancanegara. Apalagi, IPG tak hanya mempromosikannya melalui satu website, melainkan banyak website yang semuanya telah memiliki posisi pasar yang kuat. “Saya senang dapat bekerjasama dengan IPG,” ujar Dodik sembari melemparkan senyumnya. (wr/ed: Lia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *