Indonesia Product Artikel

Perhatikan hal-hal ini agar iklan Anda semakin efektif!

Ilustrasi: Beriklan atau Advertising

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang wajib dilakukan oleh pemilik bisnis demi mendapatkan pendapatan lebih banyak. Agar bisa beriklan, sudah pasti perusahaan Anda harus mengeluarkan anggaran. Tentu saja seperti ungkapan “ada harga ada kualitas,” setiap orang harus mampu memberikan usaha terlebih dahulu sebelum mendapatkan hasil yang sesuai. Jadi karena beriklan itu mahal, maka Anda harus berhati-hati dalam beriklan. Jangan sampai Anda membuang anggaran dengan sia-sia untuk iklan yang tidak efektif.

Bagaimana cara beriklan yang efektif dan mendatangkan pelanggan? Mari kita analisis satu per-satu berdasarkan unsur-unsur yang mempengarui daya tarik pembeli. Jika semua unsur terpenuhi, maka iklan dapat efektif pada pelanggan. Karena dalam berbisnis, ada empat unsur yang menjadi strategi untuk menarik calon pembeli, yang dikenal dengan teori 4P yaitu:

1. Product / produk?
Berupa barang atau jasa yang bisa dinikmati oleh khalayak ramai. Anda dituntut untuk mampu memuaskan pelanggan dengan produk yang Anda tawarkan. Misal produk barang seperti furniture dilihat dari desain dan kualitasnya. Sementara produk jasa seperti tour travel agent dilihat dari service yang Anda berikan kepada pelanggan Anda agar mereka puas. Dengan meyakinkan bahwa kualitas produk Anda baik, audiens akan tertarik.

Namun bukan berarti Anda mengabaikan kualitas produk di dunia nyata. Karena kualitas produk yang benar-benar baik, akan mengundang pembeli yang loyal (pelanggan). Tidak menutup kemungkinan, pembeli yang loyal juga akan mengiklankan produk Anda sendirinya secara lisan. Ingat, testimoni atau kesaksian nyata pelanggan adalah iklan yang paling murah dan efektif!

Ilustrasi: Prinsip Marketing Mix yaitu Product, Price, Place dan Promotion

2. Price / harga?
Harga menjadi komponen yang juga sangat dipertimbangkan oleh calon pembeli. Harga harus mampu bersaing dan sesuai pada pasaran yang ada. Yakinkan pada iklan bahwa produk Anda memiliki harga miring, yang dapat menarik calon pembeli. Maka iklan Anda juga akan efektif, karena audience tertarik untuk membeli produk Anda yang harganya terjangkau.

3. Place / tempat?
Tempat berjualan tentu saja mempengaruhi penjualan, baik dari segi lokasi ataupun tata letak. Lokasi yang strategis untuk berjualan biasanya adalah tempat yang tidak jauh dari pusat keramaian. Toko juga harus ditata sedemikian rupa agar orang yang lalu lalang di sekitar toko menjadi  tertarik. Tempat yang mudah dijangkau dan konsep toko yang unik membuat iklan Anda juga semakin efektif.

Selain mengandalkan promosi offline (toko), di masa yang serba digital ini Anda juga harus perhatikan kegiatan promosi online. Tentu harus, karena masyarakat kini cenderung mencari informasi dan melakukan tugas lainnya secara online. Seperti halnya promosi offline yang membutuhkan tempat untuk toko, promosi online juga membutuhkan tempat. Dan tempat yang srategis untuk melakukan promosi online bagi bisnis adalah direktori bisnis atau halaman pencarian Google. Carilah direktori yang sesuai dengan produk Anda, agar penjelajah internet mudah menemukan produk Anda.

4. Promotion / promosi?
Seperti yang telah disinggung, ketika berbisnis Anda juga harus perhatikan promosi online-nya. Hal ini karena masyarakat kini cenderung mencari informasi dan melakukan tugas lainnya secara online. Promosi online yang biasa dilakukan oleh pelaku bisnis antara lain SEO, adwords, media direktori, display banner dan  melalui social media. Karena SEO dan adwords sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, maka artikel ini akan membahas tips bagaimana memilih direktori yang efektif bagi bisnis Anda. Beriklan/promosi di halaman direktori yang strategis dapat memperluas peluang efektivitas iklan Anda.

Website direktori indonesia-furniture.com muncul di halaman pertama Google

Pilihlah direktori yang sesuai dengan kategori produk yang Anda tawarkan. Jika produk Anda adalah furniture ekspor, maka portal www.indonesia-furniture.com adalah yang sangat cocok. Untuk menguji apakah direktori ini benar-benar cocok, silahkan Anda buktikan sendiri kekuatannya di Google. Direktori ini menyasar kepada pangsa pasar yang tidak hanya nasional, tapi juga internasional atau pasar ekspor. Maka ketika memasukkan kata kunci yang pas seperti “furniture from indonesia,” terbukti website direktori furniture ini muncul di halaman satu Google.

Apabila produk Anda adalah jasa tour travel agent dengan target turis asing, maka portal yang cocok untuk Anda adalah www.indonesia-tourism.com. Portal ini telah menjadi portal favourite para turis, untuk mengetahui segala informasi mengenai destinasi wisata Indonesia. Informasi destinasi tersedia lengkap, tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Kesuksesan portal ini dapat juga dilihat dari kunjungan, popularitas dan aktivitas portal yang tidak pernah sepi. Selain itu, bahasa yang digunakan telah berbahasa inggris, sehingga memudahkan turis asing memahami isi portal.

Menggunakan jasa direktori sebagai tempat promosi online sangat menguntungkan Anda. Hal ini karena tanpa keahlian khususpun, Anda dapat ikut merasakan dampak popularitas direktori di dunia internet. Saat calon pembeli ingin menjelajah informasi mengenai produk furniture ata travel agent, dengan mudah mereka dapat menemukan bisnis Anda. Apalagi, indonesia-furniture.com ataupun indonesia-tourism.com juga adalah direktori terpercaya yang sudah berpengalaman di bidang informasi teknologi, dan bisa menaikkan traffic kunjungan website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *