Indonesia Product Artikel

SEO dan Adwords, Apa Bedanya?

Ilustrasi: Google Adwords vs SEO

SEO dan Adwords sama-sama merupakan teknik agar website dapat muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Tujuannya, untuk menambah traffic pengunjung ke website. Karena saat orang membuka Google, pertama kali ia pasti akan mengunjungi website-website yang langsung terlihat olehnya. Orang biasanya akan menghentikan pencariannya di halaman sepuluh. Apalagi, jika mereka sudah mendapatkan website tepat yang mereka cari. Mungkin hanya beberapa orang saja, yang masih tahan berkutat hingga halaman sebelas dan seterusnya.

Lalu apa perbedaan SEO dan Adwords? Perbedaan yang paling mencolok ada pada harga klik yang dibebankan. Harga klik pada SEO murni gratis, sedangkan harga klik pada iklan Adwords berbayar. Harganya bergantung pada harga bidding kata kunci yang diterapkan oleh Google. Harga bidding yang ditawarkan oleh Google bervariasi mulai dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah untuk sekali klik saja. Di lain sisi, SEO adalah hasil pencarian organik yang muncul di halaman mensin pencari. Jika SEO dimaintain dengan baik, maka website akan bertahan lama di halamanĀ  pertama mesin pencari. Kalaupun turun posisi, setidaknya tidak akan masuk ke halaman dua, apalagi tiga, dalam waktu yang cepat. Kebalikannya pada Adwords, iklan akan bertahan atau muncul di halaman satu hanya ketika budget di Google masih cukup. Saat budgetnya habis, maka iklan Anda akan kembali kepada posisi yang tidak strategis seperti sebelumnya.

Google Adwords seringkali dianggap sebagai strategi paling tepat untuk memunculkan website bisnis di halaman satu Google. Tapi perlu diingat, harga klik yang diberikan oleh Google juga tidak murah. Apalagi jika kata kunci yang digunakan merupakan kata kunci dengan pencarian yang tinggi. Cara memakai Adwords dengan sistem pay per-click (ppc), pertama dengan mengaktifkan account adwords dari laman Google. lalu setting iklan Anda, mulai dari kata kunci, budget, jam tayang dan jangkauan iklan. Sementara pada SEO, butuh keahlian khusus untuk menerapkannya. Jika Anda adalah orang yang awam terhadap I-T, tentu akan kesulitan dalam proses maintenance website Anda. Banyak hal penting yang harus dipelajari dan diperhatikan dalam SEO, seperti backlinks, artikel, design webste, anchor text, umur domain, kesesuaian url, kata kunci, page rank, dll.

Lalu bagaimana agar orang awam pun dapat memanfaatkan teknik SEO untuk menaikkan trafic pengunjung website mereka? Saat ini, telah ada beberapa direktori yang menyediakan spot untuk mempromosikan website-website bisnis. Direktori-direktori tersebut tentunya menguasai teknik SEO, dan telah memiliki posisi yang bagus di mesin pencari. Melalui direktori, Anda dapat memanfaatkan keahlian teknik SEO mereka, agar website bisnis Anda dapat memegang kata kunci dan posisi yang tepat di internet. Saat orang menelusuri mesin pencari dengan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda, maka bisnis Anda akan muncul pada halaman pertama. Mengapa bisa halaman pertama? Karena bisnis Anda berada di dalam laman direktori yang posisinya di halaman pertama mesin pencari.

Meski dianggap lebih ahli daripada orang awam dalam menggunakan teknik SEO, namun tak semua laman direktori telah menduduki posisi teratas mesin pencari. Ada direktori yang masih baru bergelut dengan SEO, atau bahkan sudah lama namun belum kunjung naik peringkat. Berikut beberapa direktori yang telah populer, dan memiliki posisi yang tidak diragukan lagi di internet. Barangkali saja bisa Anda jadikan sebagai rujukan saat ingin mengembangkan sayap bisnis di dunia internet.

1. Bisnis Tour and travel : www.indonesia-tourism.com
2. Bisnis Furniture : www.indonesia-furniture.com
3. Bisnis Produk-produk UKM : www.indonesia-product.com

Silahkan mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *