Indonesia Product Artikel

Q&A: Yuk Belajar SEO!

Ilustrasi: Teknik-teknik SEO (source: https://bcimedia.com/seo-trends-pay-attention-2017/)

1. Apa sih itu SEO?
SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization, merupakan suatu teknik memunculkan website di halaman satu pencarian search engine (Google, Yahoo, Bing) dengan kata kunci tertentu.

2. Apa guna SEO?
Memudahkan user/ pelanggan/ customer/ orang menemukan website kita sehingga lebih mudah menjaring traffic atau visitor. Memunculkan website dihalaman satu.

3. Apa itu traffic?
Traffic dalam bahasa Inggris diartikan sebagai lalu lintas, tapi bukan lalu lintas dijalan raya yang dimaksud dalam dunia SEO.  Traffic disini berarti volume pengunjung website atau yang sering disebut dengan visitor. Apa jadinya jika website ciptaan Anda tidak pernah dikunjungi orang atau istilahnya sepi pengunjung? Pastinya tidak akan terjadi penjualan! Jadi keramaian traffic ini sangat penting untuk keberhasilan usaha bisnis Anda, karena pengunjung website adalah calon customer. Dengan kata lain, semakin ramai atau tinggi trafficnya, semakin besar pula kesempatan penjualan akan meningkat.

4. Seberapa pentingkah SEO?
Sangat penting! Fungsi utama SEO adalah untuk memunculkan website Anda di halaman pertama Google dengan kata kunci tertentu. Apa jadinya jika website bisnis Anda tidak muncul dihalaman strategis (halaman satu) Google?

5. Lho kenapa website harus muncul dihalaman satu, sementara Google saja menyediakan banyak halaman?
Fakta bahwa 90% user (customer) hanya memilih website yang ada di halaman satu. Terlebih untuk mencari dan membeli produk mereka benar-benar hanya meng-klik website yang ada di halaman pertama. Kecuali untuk user yang mencari suatu artikel atau referensi karya ilmiah tertentu, bisa jadi mereka akan menelusuri hingga halaman ke 2,3,4 dst.

6. SEO hanya untuk menjaring customer? Wah ada banyak cara jika hanya untuk menjaring customer baru.

Website direktori indonesia-furniture.com muncul di halaman pertama Google

Perlu ditegaskan bahwa fungsi utama optimasi SEO adalah untuk memunculkan website dihalaman pertama Google, yang bertujuan untuk menjaring customer. Munculnya suatu website di halaman pertama Google, menandakan bahwa website tersebut (termasuk isi website) lebih unggul dibandingkan website lain yang serupa. Dan apabila website itu adalah website bisnis, artinya ada branding image yang sudah terbentuk untuk bisnis tersebut. Memang terdapat banyak cara untuk menjaring customer baru, seperti google adwords atau pasang iklan di portal-portal yang pengunjungnya jutaan per hari. Yuk, kita bandingkan keduanya.

Google adwords merupakan jasa dari Google, dengan cara meletakkan website pada posisi pertama hasil pencarian. Website yang berlangganan Google Adwords akan mudah kita jumpai. Biasanya terdapat di 3 space teratas atau 2 space paling bawah pada halaman pertama Google, yang ditandai dengan logo kotak kecil bertuliskan AD atau IKLAN. Wah, ternyata adwords ini juga berfungsi untuk memunculkan website di halaman pertama ya? Ya, betul! Tapi yang perlu diingat, Google adwords berbayar yang menggunakan sistem per-klik. Jadi, setiap kali ada pengunjung yang meng-klik website tersebut dengan penelusuran melalui kata kunci tertentu, Anda harus membayar dengan harga yang tertera. Dan harga per klik berbeda untuk setiap kata kunci, berkisar Rp. 5000 – Rp. 10000.

Misalnya, Anda adalah pelaku bisnis tour travel yang fokus utamanya adalah pulau-pulau di Indonesia seperti Bali, Lombok, Derawan, Komodo, Raja Ampat, dll. Untuk destinasi Bali saja, Anda bahkan setidaknya harus mengatur beberapa kata kunci, seperti Bali tourism, Bali tour, Bali packages, wisata Bali. Bayangkan jika harga per klik dimisalkan Rp. 10000, dan Anda menerima 30 kunjungan per-hari dari kata kunci tersebut. Kalikan saja 10.000 dengan 30. Hasilnya Rp. 300.000, adalah budget yang harus Anda keluarkan dalam satu hari. Selama satu bulan penuh, total tagihan Anda berubah menjadi Rp. 9.000.000. Belum lagi tagihan untuk tiga kata kunci lainnya, jika ada yang mengklik website Anda gegara kata kunci yang terdaftar itu. Get the point?

Untuk catatan saja bahwa satu hari 30 klik itu rasio klik deal nya sangatlah kecil. Selain harga kata kunci yang mahal, durasi adwords ini juga biasanya di setting tidak sampai 24jam. Berbeda dengan SEO yang dapat berfungsi selama 24jam penuh, bahkan tidak terbatas waktu. Dan ada pula kemungkinan terburuk jika Anda berlangganan Google Adwords. Mungkin akan ada kompetitor nakal yang dengan “sengaja” ingin menghabiskan budget Anda, dengan cara sembarangan meng-klik iklan adwords Anda. Ini hanya kemungkinan yang bisa saja terjadi, namun lebih baik bila Anda tetap positive thinking.

Satu hal lagi mengenai Google Adwords, urutan space di halaman pencarian juga dipengaruhi oleh budget yang Anda buat. Jika Anda ingin website Anda berada di space teratas (no 1), maka budget Anda juga harus paling tinggi di antara pelanggan Adwords lainnya (pada kata kunci yang sama). Istilahnya, bergantung pada harga bidding yang Anda ambil.

Bandingkan Adwords dengan memasang iklan di portal-portal yang jumlah pengunjungnya sudah mencapai jutaan per-hari. Portal yang paling banyak diminati umumnya adalah portal berita, karena masyarakat akan mengikuti berita-berita yang update setiap saat. Ada berbagai macam portal berita yang sudah populer dan memiliki banyak sekali pengunjung tiap harinya. Namun, sekali lagi persoalan ada pada harga. Portal-portal berita ternama biasanya akan memberkan patokan harga iklan mencapai 30 juta untuk waktu 24 jam saja. Mahal sekali bukan? Lalu bagaimana dengan mereka pelaku bisnis yang laba tiap bulannya saja tidak mencapai 30juta?

Tampilan Laman indonesia-product.com

Solusinya tentu saja SEO! Dengan teknik-teknik SEO yang kuat, website bisa langsung berada di halaman pertama. Tentunya tanpa mengeluarkan budget tinggi. Tapi bagaimana jika Anda susah memahami teknik SEO? Mudah!

Bagi orang awam yang tidak dapat memahami SEO, dapat “berboncengan” saja dengan website yang sudah menguasai SEO. Contohnya adalah direktori bisnis. Salah satu direktori yang paling cocok untuk Anda, pebisnis UKM, yaitu indonesia-product.com. Direktori ini sudah cukup ternama, dan ahli dalam bidang SEO. Tak usah diragukan, website ini akan muncul di halaman pertama Google dari hasil penelusuran banyak kata kunci.

Bagaimana dengan harganya? Yang pasti bukan Rp. 9.000.000 per-bulan, apalagi Rp 30.000.000 per-hari! Cukup dengan Rp. 5.000.000 per-tahun saja Anda sudah dapat merasakan manfaat halaman pertama Google. Berdasarkan kata kunci yang Anda daftarkan, website Anda akan muncul di halaman pertama Google! Menarik kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *